Langsung ke konten utama

Database Relasional VS Database Non Relasional

Database Relasional VS Database Non Relasional


     Data merupakan fakta / kejadian nyata.  Basis data atau Database adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. secara umum basis data di bagi kedalam 2 kelompok besar yaitu :


Database Relasional
secara singkatnya basisdata relasional adalah database yang dimana didalamnya terdapat keterkaitan antar satu tabel dengan tabel yang lain. mekanisme penyimpan data serta pengembalian data dalam jenis database ini membutuhkan skema dan relasi tabel. berikut adalah beberapa aturan dalam database relasional:

  • tidak dapat menambahkan record yang tidak sesuai dengan skema.
  • perlu menambahkan keterangan null untuk item yang tidak dikenal yang digunakan dalam baris.
  • harus memperhatikan tipe data, tidak dapat menambahkan string pada integer.
untuk berkomunikasi dengan database jenis ini maka dapat menggunakan SQL(Structured Query Language) adalah suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses data di dalam sebuah database relasional. SQL sering juga disebut dengan istilah query, dan bahasa SQL secara praktiknya digunakan sebagai bahasa standar untuk manajemen database relasional. 




Database Non Relasional
secara singkat database ini dapat diartikan sebagai sebuah basisdata yang mekanisme penyimpanan data dan pengembalian data yang disimpan tidak membutuhkan skema dan relasi tabel. berikut adalah ciri - ciri database non relasional yaitu :
  • tidak membutuhkan skema
  • tidak ada sel yang tidak di gunakan
  • penggunaan item dilakukan secara agegrat dalam bentuk dokumen
  • tipe data bersifat implisit (ditentukan oleh sistem)
Kelebihan No SQL
  1. Bisa menampung data terstruktur,semi terstrktur dan tidak terstruktur
  2. Bersifat dinamic schema (tidak mengenal tabel yang kaku)
  3. Bersifat auto shanding
Kekurangan :
  1. Membutuhkan investasi yang besar
  2. Belu ada Cpanel yang mendukung DBMS jenis ini
  3. Terlalu banyak variasi produk dan format penyimpanannya.
  4. Belum ada tool konversi dan migrasi dari DBMS ke No SQL

jadi kesimpulanya adalah database ini (non sql) Tidak relational / tanpa relation. Database nosql atau yang biasa disebut NoSQL database / cloud database merupakan penyimpanan data / database yang tidak terstruktur.
Nosql database tidak seperti sql database yang menggunakan tabel dalam penyusunan datanya, nosql database menggabungkan semua database tidak membedakan jenis2nya dan tanpa karakteristik umum. Tapi nosql database ini memiliki kecepatan yang super cepat dibanding dengan sql database, pencariannya lebih terfokus. Nosql sebetulnya tidak 100% menyimpan data dengan cara tidak terstruktur, terkadang ada miripnya dengan sql database dengan sedikit susunan pada saat2 tertentu.
Bedanya nosql database ini menyusun bagian didalam bagian lainnya (subset). Jadi setiap bagian akan memiliki beberapa bagian lagi didalamnya. Nosql ini cocok dan biasa digunakan untuk penyimpanan aplikasi atau data yang sangat besar. Karena dengan menggunakan nosql data dapat diakses dengan sangat fleksibel dan sangat sedikit kemungkinan error ketika mengakses banyak data dengan format yang berbeda-beda.

#belajarbasisdatanonrelasional#D3RPLA#STMIK#Akakom




Komentar